Bangello’s Blog

jual-beli elektronik second/bekas

Tips Kamera Digital

Saat ini kamera digital bukan saja merupakan konsumsi masyarakat kelas menengah ke atas, namun hampir semua lapisan sudah mulai menggunakannya. Memotret dengan kamera digital kian mudah. Untuk pengambilan gambar, bila dibandingkan antara biaya kamera manual dan kamera digital, maka saat ini biaya yang dikeluarkan dengan mempergunakan kamera digital lebih ringan daripada menggunakan kamera manual. Ini terkait dengan media penyimpannya, dimana dengan menggunakan kamera digital memori yang bisa dipergunakan berkali-kali. Mengenai kamera digital ada beberapa hal yang perlu diketahui, antara lain :

Makin besar megapixel, makin mahal harga kameranya.

Makin besar megapixel (MP), tidak menjamin kualitas fotonya semakin bagus. Tingkat kualitas foto juga tergantung merek dan jenisnya. Beberapa merek, dengan 3 MP saja, sudah terlihat bagus bahkan dengan ukuran kertas  A3.

Ada dua jenis baterai yang digunakan kamera digital, yaitu baterai lithium dan baterai jenis AA. Masing-masing ada untung ruginya. Baterai lithium merupakan baterai bawaan kamera, biasanya bentuknya kotak. Baterai ini praktis, lebih tahan dan lebih kuat, tinggal charge (cas), lalu bisa dipakai berkali-kali. Kekurangannya adalah bahwa jika ingin punya cadangan atau kalau rusak, baterai ini harganya mahal dan tak jarang merek tertentu di beberapa daerah sulit ditemukan. Sedangkan baterai AA banyak dijual di mana-mana, sehingga kita bisa dengan gampang memiliki cadangannya, jika saat pemotretan baterai kita habis bisa membelinya di toko-toko kecil. Kelemahannya adalah baterai ini tidak sekuat baterai lithium bawaan kamera. Untuk jenis AA yang recharge, jika ada kesalahan biasanya langsung drop.

Jika anda sering memakai kamera digital jenis AA dalam keseharian, sebaiknya menggunakan baterai yang bisa diisi ulang (dicharge).  Biaya awal memang lebih mahal, namun pada akhirnya akan lebih murah daripada menggunakan baterai biasa.

Kamera yang baik adalah kamera yang bisa memotret dengan baik dalam keadaan gelap. Untuk mencobanya gampang gunakan memotret ruangan gelap, seperti bawah meja, kotak kardus dsb.

Beberapa kamera bekas/second yang rusak tidak mampu memotret dalam ruangan yang terlalu terang. Oleh karena itu untuk mencobanya, gunakan memotret lampu neon atau bolam. Jika hasilnya kabur, berarti ada ic kamera yang rusak.

Kamera yang baik adalah kamera yang memiliki lensa zoom atau sering disebut optical zoom. Secara fisik ini terlihat, yaitu lensa yang keluar masuk di kamera tersebut. Dengan fasilitas ini biasanya hasil jepretan lebih jernih dan bening dibandingkan dengan kamera yang hanya punya fasilitas digital  zoom (tidak ada lensa keluar masuk).

Untuk memindahkan foto-foto dari memory ke komputer, sebaiknya gunakan Card reader. Ini lebih baik daripada menyambungkan kamera tersebut langsung ke komputer, ini berguna mengurangi cepat rusaknya kamera tersebut, karena komputer juga mengeluarkan energi listrik yang kadang naik turun.

Semoga bermanfaat.

April 21, 2009 - Posted by | Tips Kamera Digital |

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: